Minggu, 12 Juni 2011

Tugas tulisan (pak mardwi)

TUGAS
MEMBUAT TULISAN
MATA KULIAH TEKNOLOGI KOMUNIKASI



Oleh :
DONNY CIPTA UTAMA
21040110120048






JURUSAN PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2011


DEMOGRAFI

       Lengkap dan akuratnya data kependudukan yang tersedia akan memudahkan rencana pembangunan dan menjadikan rencana tersebut tepat sasaran dalam implemantasinya ke depan. Karena dalam perencanaan pembangunan, data kependudukan memegang peranan penting. Sebagai contoh, dalam perencanaan pembangunan pendidikan, diperlukan data mengenai jumlah penduduk dalam usia sekolah. Kantor badan koordinasi keluarga berencana membutuhkan data jumlah pasangan usia subur, dan para pekerja dalam bidang kesehatan masyarakat memerlukan informasi tentang tinggi rendahnya angka kematian dan angka morbiditas penduduk. Masih banyak lagi contoh-contoh lain dimana data kependudukan sangat dibutuhkan.
       Disinilah diperlukannya wawasan tentang ilmu kependudukan agar dapat merencanakan suatu pembangunan yang efisien dan tepat sasaran. Untuk dapat memahami keadaan kependudukan di suatu daerah atau negara maka kita perlu mendalami kajian demografi. Demografi adalah ilmu yang mempelajari struktur dan proses penduduk di suatu wilayah, struktur penduduk meliputi jumlah, persebaran,, dan komposisi penduduk. Struktur penduduk ini selalu berubah-ubah dan perubahan tersebut disebabkan oleh proses demografi yaitu kelahiran, kematian, migrasi, dan mobilitas sosial.
       Demografi tidak mempelajari penduduk sebagai individu, tetapi penduduk sebagai suatu kumpulan. Jadi yang dimaksud penduduk disini adalah sekelompok orang yang bertempat tinggal, menetap, atau melakukan kegiatan sehari-harinya di suatu wilayah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar